Pertemuan Awal

Pertemuan Awal

Pada Pertemuan awal antara Tim SMK Warga dan SES saling berdiskusi dan berbagi mengenai perbandingan pembelajaran di Jerman dan SMK Warga Solo. Diskusi dilanjutkan mengenai dasar-dasar ilmu yang wajib dipelajari ke siswa disetiap jurusan, Pemesinan, Otomotif, dan elektronika industri.

Upacara Pembukaan SMK WARGA – SES

Upacara Pembukaan SMK WARGA – SES

Opening Ceremony SMK Warga-SES
Pelatihan Guru Produktif
Senin 30 Juli 2018, meeting room
Dihadiri : Ir. Rusmono B (Penasehat/Ketua Yayasan Pendidikan Warga), St. Unjanto,ST,MT (Direktur Pelaksana Harian) dan Tim, Drs. SR Heru Munandar, MPd (Kepala Sekolah), Dian Mudita, MPd & Mss Angle (Host, moderator, translator), Mr.Hubert Meyer (engineering, SES)., Segenap Guru dan Karyawan SMK Warga.

Dalam kesempatan ini, Bp Rusmono menyampaikan bahwa, “Kami Yayasan Pendidikan Warga yang memperhatikan pendidikan sejak berdiri selama 114 tahun merasa sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan produktivitas guru. Apalagi melihat situasi dan kondisi saat ini produk-produk yang sangat kompetitif dengan adanya Alibaba dan Bukalapak. ” Beliau juga berharap dengan adanya kerjasama ini dapat dipetik manfaat untuk yang lainnya.

Sedangkan Kepala SMK Warga menjelaskan mengenai profesionalitas Sekolah dalam visi dan misinya.

Dari SES menyampaikan dengan gaya merendah bahwa keberadaannya dalam rangka learning (belajar) dan berbagi. Yang disambut dengan tawa dan tepuk tangan meriah audience.

(Yok.red)

Pembina Upacara dari Jerman

Pembina Upacara dari Jerman

Pada hari Senin 30 Juli 2018 pada saat upacara bendera berbeda dengan setiap hari Senin sebelumnya. Siswa SMK Warga Solo saling berbisik sebelum upacara dimulai, “Ada orang asing, siapa dia? Mau apa ya?”

Setelah upacara bendera berlangsung, pembina upacara SR.Heru Munandar sedikit menjelaskan mengenai visi dan misi SMK Warga Solo dan kemudian meminta maju Mr. Hubert Meyer untuk memperkenalkan diri ke seluruh warga sekolah. Dengan bahasa Indonesia yang masih belum lancar memberi salam “Selamat Pagi” dan langsung disambut siswa-siswa SMK Warga Solo dengan tegap dan bersama-sama “Selamat Pagi”. Sontak tampak Mr. Hubert sedikit kaget melihat kesigapan siswa-siswa. Kemudian Mr.Hubert memperkenalkan diri berasal dari Jerman dalam bahasa Inggris.

Dari perkenalan itu siswa baru bahwa kedatangan tamu dari Jerman yang akan berbagi ilmu di sekolah.
(Yok.red)

TAMU dari SES (Senior Experten Service)

TAMU dari SES (Senior Experten Service)

Selamat datang di SMK Warga Solo..

Senior Experten Service (SES) adalah sebuah lembaga non-profit dari Ekonomi Jerman untuk Kerja Sama Internasional GmbH.

Senior Experten Service (SES) menawarkan pensiunan yang berminat untuk meneruskan pengetahuan dan know-how yang dimilikinya ke sesama di luar negeri maupun di Jerman. Sebagai ahli sukarela, mereka mendukung pendidikan atau edukasi lanjutan untuk tenaga ahli maupun manajerial. Hampir separuh dari semua misi SES didanai oleh BMZ. Demikian sedikit gambaran yang diperoleh dari website http://indonesien.ahk.de/id/layanan/pendidikan-pelatihan/kerjasama-manusia/senior-experten-service-ses/

SES diwakili oleh Mr. Hubert Meyer yang rencananya akan berbagi ilmu dengan SMK Warga Solo dalam rangka Pelatihan Guru Produktif selama kurang lebih 3 Minggu dimulai awal Bulan Agustus 2018. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dan meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di SMK Warga Solo dalam naungan Yayasan Pendidikan “Warga” Surakarta dan bermanfaat juga bagi pendidikan di Indonesia pada umumnya.
(Yok.red)

PPDB Reguler 2018

PPDB Reguler 2018

PPDB Reguler 2018-2019 sudah dimulai. Terdapat sesuatu yang baru pada kali ini yang meliputi :

1. Jurusan baru yaitu Teknik Elektronika Industri,

2. Bebas gender (putra-putri)

3. Potongan biaya 50% untuk jurusan baru.