Menuju Dunia Kerja

Dunia kerja, dunia yang ditunggu oleh sebagian besar lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Dimana mereka bisa menerapkan ilmu yang didapat selama duduk dibangku  SMK  dan merasakan hasil jerih payahnya sendiri. Namun dunia kerja bukanlah dunia yang selalu indah, banyak tantangan yang akan dihadapi nantinya. Dalam era persaingan bebas , siap atau tidak siap angkatan kerja Indonesia dan Negara-negara Asia Tenggara lainnya harus bersaing untuk mendapatkan kesempatan kerja yang ada. Apalagi mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan  bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, persiapan yang perlu diperhatikan tidak cukup hanya pengetahuan (knowledge) saja, tetapi juga sikap (attitude), keahlian (skill), dan pengalaman berorganisasi .

Proses menuju dunia kerja saat ini tidak mudah, banyak persaingan dan persyaratan yang diminta oleh perusahaan terhadap calon tenaga kerja. Mendapatkan  pekerjaan menjadi mudah apabila calon tenaga kerja memiliki kompetensi atau kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pengalaman selama ini sering kali terjadi bukan lapangan kerja yang tidak ada, melainkan karena tidak tahu di mana ada pekerjaan itu dan ketrampilan apa yang diperlukan atau syarat-syarat yang diperlukan oleh setiap lowongan pekerjaan yang tersedia. Untuk itu perlu mempersiapkan segala sesuatunya, baik sebelum memasuki dunia kerja, ketika bekerja bahkan setelah bekerja.

Adapun hal-hal yang berkaitan dengan persiapan masuk dunia kerja selain sikap dan mental serta keahlian juga persiapan administratif. Selain itu kita juga harus aktif untuk mencari sumber informasi lowongan pekerjaan baik itu dari media masa, lembaga bursa kerja khusus (BKK), situs-situs lowongon kerja atau dari sumber yang bisa dipercaya (relasi). Terkadang informasi yang ada baik melalui media cetak maupun lainnya menampilkan hal-hal yang menarik agar para pencari kerja tertarik untuk mengikutinya. Untuk itu kita harus selektif untuk memilah lowongan kerja yang ada. Sebagai patokan bagi para pencari kerja  bahwa lowongan pekerjaan yang didapat itu benar, maka perlu gambaran yang sesuai dengan ketentuan yang ada. Informasi lowongan kerja itu sekurang-kurangnnya memuat tentang identitas perusahaan, jumlah jabatan, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, syarat jabatan, batas waktu pemenuhan lowongan dan alamat pemberi kerja.

Dalam dunia kerja kita dihadapkan dalam berbagai macam suasana baik senang ataupun tidak senang, yang akan berpengaruh pada pekerjaan kita. Semua itu bisa bersumber dari lingkungan atau dari dalam diri kita masing-masing. Untuk itu sebagai pekerja kita harus bisa mengelola kecerdasan emosional kita demi mencapai kesuksesan dalam bekerja. Kecerdasan emosional itu meliputi kemampuan mengenali emosi diri sendiri, kemampuan mengendalikan emosi dan mengambil tindakan  yang tepat, kemampuan mengenali emosi orang lain, kemampuan bertindak dan berinteraksi dengan orang lain. Dengan demikian orang yang cerdas secara emosional adalah orang yang memahami kondisi dirinya, emosi-emosi yang terjadi, serta mengambil tindakan yang tepat. Orang tersebut juga secara sosial mampu mengenali dan berempati terhadap apa yang terjadi pada orang lain dan menanggapinya secara proporsional.

Mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan dan dapat menggapai kesuksesan dalam bekerja serta kesuksesan dalam hidup adalah keinginan semua orang. Semua bersumber pada diri kita masing-masing, seberapa besar kemauan dan kemampuan kita dalam meraihnya.

Sumber : http://www.muhammadnoer.com/kecerdasan-emosional-sukses-pekerjaan/

Panduan Lengkap Memasuki Dunia Kerja Untuk SMK

Pengirim : Elika

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.