Text
Bimbingan Konseling Untuk Perilaku Non-Adaptif
Layanan pendidikan terhadap anak dengan hambatan perkembangan fungsional, sangat memerlukan keseriusan dari para guru, khususnya mereka yang bersekolah pada tingkat taman kanak-kanak, atau sekolah dasar. Para guru sering dihadapkan pada masalah pemberian layanan khusus, baik layanan pendidikan maupun bimbingan terhadap perilaku salah suai dari siswa-siwanya.rn Kegiatan pembelajaran terhadap siswa-siswa tersebut sering mengalami hambatan, khususnya berkaitan dengan kemampuan kognitif, misalnya berkesulitan untuk mampu belajar dengan baik pada bidang membaca, menulis, dan berhitung. Hambatan tersebut tidak akan mampu diatasi oleh guru sebelum para siswa tersebut mendapatkan layanan bimbingan secara khusus terhadap perilaku salah suai, khususnya berkaitan dengan kelainan emosional.rn Pendidikan luar biasa untuk anak-anak berkebutuhan khusus, membutuhkan suatu pola layanan tersendiri, baik dalam pembelajaran maupun dalam bimbingan perilaku. Layanan khusus disebabkan adanya karakteristik tersendiri pada setiap anak yang berbeda satu dengan lainnya. Dalam pendidikan yang menangani siswa yang mempunyai hambatan perkembangan fungsional, seperti terjadi pada siswa tunagrahita, autistik, hiperaktif, dan kesulitan belajar, memerlukan perhatian yang serius dalam perkembangan gerak/sensorimotor, kognitif, kemampuan berbahasa, ketrampilan mengurus diri sendiri, konsep diri, keterampilan berinteraksi sosial, dan kreativitas.rn Buku ini memberikan suatu pemecahan dalam menangani anak-anak yang mengalami perilaku non-adaptif.
00294 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain